IMG-LOGO
Berita

ITIK GEMUK PETERNAK SENANG

Create By 30 November 2018 5812 Views
IMG

ITIK GEMUK PETERNAK SENANG

 

 

“Itik cepat gemuk rupiah melimpah”. Usaha penggemukan itik merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil dan pendapatan peternak. Ikhtiar ini dilakukan guna mempercepat proses produksi sehingga hasil cepat didapatkan. Teknik penggemukan itik merupakan salah teknologi tepat guna yang dimaksudkan untuk memacu pertumbuhan dan perkembangan bakalan itik agar cepat dapat dipanen untuk konsumsi dengan membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari.

Sesuatu yang perlu di apresiasi dengan baik kegiatan yang dilakukan oleh kelompok tani Muda tani Desa Ketunggeng yang berusaha melakukan kegiatan pembelajaran tentang penggemukan itik  sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peternak agar mampu melakukan penggemukan itik dengan baik. Kegiatan ini selain bertujuan meningkatakan pengetahuan dan ketrampilan juga mempunyai tujuan menciptakan kegiatan usaha sampingan bagi ibu-ibu kelompok wanita tani guna meningkatakan pendapatan keluarga. Penggemukan itik sangat efektif karena tidak membutuhkan lahan yang luas cukup memanfaatkan pekarangan yang belum digunakan untuk usaha tani di berdayakan untuk usaha penggemukan itik.

Beberapa hal yang diperlukan untuk melakukan usaha penggemukan itik agar nanti hasil yang didapat sesuai harapan dari awal kegiatan sampaikan dengan pemanenan hasil. Langkah yang perlu dilakuan dalam usaha penggemukan itik meliputi beberapa aspek  antara lain:

Penggemukan itik perlu sekali memperhatikan faktor penting yang berpengaruh pada keberhasilan  dalam usaha penggemukan itik salah satunya yang amat penting  perlu mendapatkan perhtian  adalah faktor bibit. Bibit untuk penggemukan itik yang bagus memenuhi kreteria  akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan itik dengan baik. Kreteria bibit itik yang layak untuk digemukan  itik antara lain : bibit dalam kondisi sehat, gerakan itik gesit atau lincah, bibit tidak ada cacat tubuh, kondisi anus  tidak terdapat benjolan dan  kondisi kering pada pusat serta tidak dalam kondisi lengket.  Kreteria ini perlu mendapatkan perhatian agar nanti usaha penggemukan itik dapat berhasil dengan baik.

Kandang merupakan hal penting yang juga perlu mendapatkan perhatian dan penanganan serius sebelum melakukan usaha  penggemukan itik. Kandang untuk penggemukan itik  yang baik tentu  memadai digunakan  untuk penggemukan serta memenuhi persyaratan teknik agar nanti itik yang kita gemuk sehat, dapat tumbuh dan perkembang dengan baik. Type-type kandang yang diperlukan untuk pengemukan itik pejatan antara lain type kandang bok dan type postal. Type digunakan untuk memelihara itik umur 1-3 minggu (DOD) agar mudah dalam pemeliharaan dan pengawas karena itik masih kecil. Kandang type box  membutuhkan pemanas buat dari neon agar suhu stabil/hangat, selain lampu neon pemanas juga bisa menggunakan  LPG sesuai kebutuhan.

Dalam memelihara ini dalam kandang box  perlu diperhatikan populasi/ kerapatan itik per m2, populasi  itik yang  pelihara dikandang bok  kurang lebih 30-40 ekor/m2  dengan  tingkat kepadatan yang proporsional.

Itik sudah berumur 3 minggu perlu dipindahkan dikandang postal yang lebih luas, hal ini perlu dilakukan itik tidak berdesak-desakan karena semakin lama itik akan bertambah besar. Sehingga itik dalam kandangan perlu diamati bila dirasa itik sudah mula tambah besar dan berdesakan perlu sekali dikurangi populasinya dengan dipindahkan di kandang lain. Peternak perlu sekali sekali selalu memperhatikan kandang agar kondisi kandang terjaga kelembabannya perlu sekali alas kandang diganti baik dengan sekam maupun jerami.

Pakan untuk penggemukan itik dapat menggunakan ransum buatan sendiri maupun buatan pabrik, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pakan pabrik murah, akan tetapi bahan bakunya tidak mesti ada ditempat, tidak semua peternak mampu menyusun ransum sesuai standar teknis. Ternak itik yang digunakan untuk penggemukan perlu konsentrat guna memacu dan mempercepat pertumbuhandan perkembangan ternak khususnya itik umur 1-3 mingggu . Pakan jenis starter amat diperlukan serta perlu ditambah multivitamin secukupnya sesuai kebutuhan. Antibiotika pun baik diberikan sebagai upaya langkah  pencegahan agar itik tidak mudah terserang penyakit.  Pakan yang diberikan dengan  teratur dan frekuasi pemberian yang banyak. Pemberian pakan  dengan frekuensi yang lebih banyak ternak mendapatkan kondisi pakan lebih segar serta bisa dikontrol. Bila itik yang kita gemukan sudah mencapai  umur 3 minggu pakan yang kita berikan menggunakan  komposisi konsentrat 1 bagian dan dedak 2 bagian.  Untuk memacu pertumbuhan itik juga bisa diberikan pakan alternatif seperti limbah sanyuran,  keong, ampas kelapa dan lain-lain.

Kegiatan penggemukan itik adalah beberapa kendala yang perlu sekali kita waspadai,  salah satu adalah penyakit-penyakit yang sering menyerang itik. Penyakit yang tidak dikendalikan akan berakibat pada kondisi ternak yang lemah sehingga nafsu makan berkurang sehingga akan berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan ternak yang pada gilirannya akan menurunkan produktivitas ternak yang dihasilkan. Penyakit itik bermacam-macam, namun dapat  dikelompokkan dalam dua jenis secara garis besar.  Kelompok  penyakit itik yang penyebabnya  oleh mikroorganisme seperti bakteri, protozoa dan virus, contoh: Salmonelosis, Duck Cholera. Kelompok penyakit itik  yang disebabkan karena defisiensi zat makanan dan tata laksana perkandangan yang kurang tepat.

Langkah –langkah teknis dalam upaya penggemukan itik perlu sekali di lakukan dengan penuh kesuguhan dan ketelatenan agar nantinya itik yang kita hasilkan sesuai harapan. Penangan yang kurang akan berpengaruh pada kondisi ternak dimana yang mestinya diberikan pakan

Usaha penggemukan yang ditekuni dengan baik tentu akan mampu menghasilkan pendapatan yang memadai sebagai salah satu matapencaharian para peternak kita untuk dapat menjadi salah satu penyumbang peningkatan penghasilan, pendapatan dan kesejahteraan keluarga peternak pada umumnya, Amin. ( PPL Kec. Dukun)

 

Dari berbagai sumber